14 May 2008

Bagian mikroskop manakah yang sering mengamalami ketidakberfungsian/kerusakan ?


Mikroskop sebagaimana saya jelaskan pada bagian mengapa mikroskop perlu diservice, diketahui bahwa keberfungian alat tersebut dipengaruhi antara lain oleh faktor usia mikroskop, intensitas penggunaan, kualitas/asal produk/produsen mikroskop, perilaku dan tanggung jawab pemakai yang tidak bisa lepas dari faktor pengetahuan tentang mikroskop itu sendiri.
Mikroskop akan mengalami ketidakberfungsian/kurang optimal pada bagian-bagian berikut :
1. Bagian bodi/badan mikroskop, yaitu di bagian tombol pengatur kasar (makromter) tempat tabung lensa objektif menempel.
2. Bagian lensa.
Bagian lensa inilah yang sangat sensitif baik lensa okuler maupun lensa objektif dengan kondisi lingkungan baik lingkungan perilaku pemakai/user ataupun dimana mikroskop tersebut di simpan sangat berpengaruh terhadap kebersihan lensa. Lensa okuler umumnya terdiri dari 2 lapis lensa (atas-bawah).
3. Sistem aliran listrik (untuk type mikroskop listrik)

4. Bagian-bagian lain
Kenapa disebutkan bagian lain ? karena poin 1,2,3 tersebut di atas hanya keruskan umum, sementara di lapangan/pada kenyataannya jenis kerusakan lebih dari poin tersebut di atas karena itu hanya untuk salah satu type mikroskop. Sedangkan type miroskop cahaya dan listrik itu beranekaragam dan beranekaragam pula komponen lain yang biasanya mengalami kerusakan.


0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner