19 March 2009

Penggunaan Mikroskop


Pada gambar di atas :

-->

1. Membawa mikroskop dengan dua tangan, satu di bawah kaki mikroskop dan yang satu lagi memegang lengan mikroskop.
2. Putar revolver sampai terdengar bunyi klik, agar lensa objektif dengan pembesaran lemah tepat berada di tengah meja benda (gambar a). Aturlah cermin untuk mendapatkan cahaya terang dengan melihatnya melalui lensa okuler (gambar b).
3. Letakkan preparat yang akan diamati di atas meja preparat. Aturlah agar bagian yang akan diamati berada tepat di tengah lubang meja preparat. Perhatikan dari samping dan putarlah tombol pengatur fokus untuk menurunkan tabung mikroksop sehingga lensa objektif hampir menyentuh meja preparat (± 0.5 cm).
4. Sambil melihar lensa okuler, putarlah tombol pengatur fokus untuk untuk menaikkan tabung mikroskop perlahan-lahan sehingga isi preparat dapat terlihar dengan jelas.
5. Untuk melihat salah satu bagian preparat dengan jelas, dapat digunakan pembesaran yang lebih kuat. Putarlah revolver untuk mengganti lensa objektif pembesaran lemah dengan lensa objektif pembesaran kuat.
Catatan : Untuk pembesaran kuat (100 x) harus menggunakan minyak imersi (immersion oil) yang diteteskan di atas preparat, dengan cara jauhkan dulu tabung/lensa objektif dari preparat kemudian teteskan minyak imersi. 



0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner