27 August 2010

Berapa Sering Mikroskop Harus Diservice ?

Kapan mikroskop harus diservice ?

Berapa lama dari penggunaan mikroskop setelah diservice ke diservice berikutnya ?

Mikroskop sebagaimana kita ketahui baik pada pembelajaran biologi (tingkatan sekolah, mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi) maupun di lembaga aplikatif seperti laboratorium klinik, rumah sakit, dll., yang didalamnya menggunakan mikroskop. Tentunya alat tersebut akan memberikan manfaat yang sangat berarti bila fungsinya berjalan dengan baik. Untuk memiliki mikroskop yang baik tentunya kita harus menyadari kekurangan/ketidakoptimalan mikrokop tersebut. Makanya mengapa mikroskop harus diservice, dan bagian mana mikrokop yang sering mengalami kerusakan dan apa yang harus diperhatikan bila mikroskop tersebut sudah diservice, pada artikel tersebut sudah saya sampaikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan, berhubungan dengan berapa sering mikroskop harus kita service atau perbaiki, sebagai berikut :
  1. Intensitas Pemakaian. Seperti di lembaga kami, di Laboratorium Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, pembelajaran dengan praktikum menggunakan mikroskop kalau dirata-ratakan kurang lebih 32 jam per minggu (5 hari kerja) 128 jam per bulan. Dengan kondisi seperti ini maksmiaml cek dan ricek kondisi mikrsokop harus dilakukan maksimal 1 bulan. Dan untuk cek up/service semuanya yaitu 6 bulan sekali/satu semester sekali harus dilakukan dan sudah dilakukan di lembaga kami. Kemudian bagaimana kalau di lembaga misalnya di sekolah praktikum hanya beberapa jam tentunya minimal 1 tahun sekali kalau anggaran dan perhatian ke alatnya baik bisa dilakukan daripada membiarkan alat rusak akan mengakibatkan keruskan lebih fatal karena kalau lensa kena kotoran dibiarkan terus lama akan mengenai coating lensa, ini tidak bisa dibersihkan (keterbatasan teknisi) harus diganti.....lebih mahal kan ??? Ini ada hubungannya daripada investasi lagi membeli mikroskop baru lebih baik melakukan cek dan service rutin yang biayanya tidak seberapa. Berdasarkan pengalaman ada juga customer sampai 3 tahun baru diservce lagi, bagian mekanik masih tetap oke...hanya lensa/optik yang banyak kena jamur. Tapi untuk beberapa jenis/merk tertentu kalau dibiarkan terlalu lama kotoran mengendap di akan merusak coating lensa, sehingga ketika dibersihkan tidak bening seperti semula, mengembun.
  2. Perilaku User/Pemakai. Kenapa dikakatakan perilaku pemakai karena sebaik apapun hasil service/perbaikan yang sudah dilakukan kalau alat tersebut digunakan tidak dengan rasa tanggung jawab dan pengetahuan cara penggunaan mikroskop yang baik alat tersebut dijamin akan kembali tidak berfungsi/tidak optimal dan perlu diperhatikan ketentuan garansi.
  3. Perhatian dan alokasi anggaran untuk maintenance alat rutin dari suatu lembaga.
Berikut saya tampilkan kegiatan per tanggal 27 Agustus 2010 setelah melakukan service/tune up mikroskop sebelum perkuliahan/praktikum dimulai 1 September 2010.

Gambar di bawah adalah mikroskop yang sudah diservice siap dimasukan ke dalam kotak mikroskop, diberi kertas "Monitoring Penggunaan Mikroskop"



Berikut mikrsokop yang sudah selesai diservice dimasukkan kembali ke dalam kotak mikroskop yang sudah disediakan.

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner