04 August 2010

Keterbatasan Seorang Teknisi

Jam terbang dan pengalaman dalam melakukan perbaikan service mikroskop tidak membuat jaminan bahwa mikroskop tersebut akan kembali normal dari segi fungsinya. Kenapa saya katakan demikian, kasus-kasus tersebut seperti :
  1. Permukaan lensa sudah tergores/sedikit pecah. Kasus ini tidak bisa diselesaikan karena coating lensa sudah rusak. Solusi : Untuk menormalkan lensa ini sebenarnya ada cara dengan (1) di poles bagian coating ke spesialis kaca/lensa tapi hasilnya tidak bisa maksimal 100 % masih seperti embun. (2). Alternatif terakhir membeli spareparts lensa objektif baru dengan kualitas dan merk bermacam-macam dengan harga yang bervariasi tergantung produsen.
  2. Baud/mur ‘dol’ terutama tempat masuknya/melekatnya mur/baud. Kasus ini mengakibatkan mur tidak bisa dikencangkan. Solusi : dibubut kembali ke bengkel teknik, tapi ini memakan waktu dan keterbatasan, bengkel teknik yang seperti ini biasanya hanya ada di kota-kota besar. Masalah ini muncul diakibatkan proses pengkaratan sehingga mur menjadi macet atau karena penyetelan terlalu kencang melebihi yang seharusnya.
  3. Produk dari produsen tertentu. Sebagai contoh : Saya bandingkan bagian optik Produk X dan Y (mikroskop) yang ada di sekolah : Produk X lensa terbuat dari bahan asli bahan dasar lensa (seorang ahli dan orang yang sudah sering berinteraksi dengan mikroskop) yang bisa melihat kualitas bahan lensa. Sedangkan produk Y bahan dasar lensa semi/campuran dari jenis lensa yang lain. Produk X, unsur penguat lapisan dari 1 lensa ke lensa lain dengan bahan stainless, produk Y hanya dari plastik. Pemegang Cermin Mikroskop produk X dari bahan stainles, produk Y hanya plastik. Harga produk X bisa 500% atau 5 kali lipat atau bahkan lebih dari harga produk Y. Itu sebagai ilustrasi saja, kalau kebetulan di suatu lembaga memiliki mikroskop produk Y, kalau tidak dengan aturan maintenance yang baik akan mengakibatkan mikroksop tersebut akan cepat rusak. Konkritnya lensa produk Y kalau kotoran dibiarkan lama melekat pada lensa, coating lensa produk Y tersebut akan rusak sehingga ketika dibersihkan tidak bisa maksimal. Tapi kalau produk X “relatif” kembali normal. Karena sampai 5 tahun bagian mekanik yang dibetulkan oleh saya tidak berkurang fungsinya kalau pemakaian sesuai prosedur. Informasi ini bisa di baca di posting saya mengenai ketentuan garansi klik di sini, atau hal apa yang harus diperhatikan setelah mikroskop diservice klik di sini.

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner