28 February 2012

Penyimpanan Mikroskop

Lemari Penyimpanan Mikroskop│ Penyimpanan Mikroskop│Lemari Mikroskop│Kotak Mikroskop│Mikroksop Cahaya│Mikroskop Listrik│

Pemeliharaan/maintenance menjadi faktor sangat  penting ketika mikroskop sudah diservice (dibersihkan bagian optik, diperbaiki bagian mekanik yang mengendur). Jika hal tersebut tidak dilakukan keberfungsian mirksokop yang baik tidak akan bertahan lama.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi masih berkatian dengan artikel "hal-hal yang harus diperhatikan setelah mikroskop di service" point 4 bahwa mikroskop saya sarankan lebih baik di simpan pada lamari khusus penyimpanan salah satu contoh sebagai berikut :

Sumber Gambar  :
Laboratorium Biologi SMAN 8 Jakarta

Pada kesempatan lain saya masih menemukan penyimpanan mikroskop walaupun sering dipakai masih di simpan dalam kotak mikroskop dan bahkan dengan kotak steroform, serta beberapa bagian mikroskop (lensa okuler dan objektif di lepas-lepas), ini tentunya kurang baik karena :

Penyimpanan mikroskop yang disarankan :
  1. Lemari alat (mikroskop) lebih disarankan lemari dari bahan kayu, seperti gambar di atas;
  2. Pada lemari alat tersebut diberi penerangan untuk menjaga kelembaban;
  3. Bila perlu pada bagian rak lemari paling bawah yang kurang mendapat pencahayaan bisa di beri silica gel.
Mengapa lebih baik penyimpanan pada lemari alat khusus ?
  1. Sensitifitas lensa. Dengan sering masuk keluar kotak dan lepas - pasang lensa pada bagian mekanik mikroskop dikhawatirkan akan dengan mudah menempel debu dari ligkungan serta dimungkinkan ketika pemasangan bagian lensa objektif bisa merusak rel (baud pada bagian mekanik mikroskop)
  2. Bagian Mekanik.
  3. Kelembaban. Kelembaban tidak terjaga bila mikroskop selalu dalam kotak/steroform. 
Demikian sharing pengalaman mengenai cara penyimpanan mikroskop yang yang baik menurut saya, tapi tentunya buka berarti penyimpanan dalam kotak mikroskop tidak baik, kalau masalahnya lembaga tersebut belum memiliki lemari khusus untuk menyimpan mikroskop. Kalau seperti itu yang harus diperhatikan adalah tata letak kotak mikroskop  tersebut disimpan jangan sampai kelembabannya kurang. Dan juga dalam kotak mikroskop tersebut untuk menjaga kelembaban bisa di simpan silica gel.

Demikian terima kasih. Semoga bemanfaat bagi dunia pendidikan pada umumnya dan bagi saya sendiri pada khususya.

Sharing pemeliharaan mikroskop atau tips-tips pemeliharaan mikroskop silahkan via email ke : sarnasuryana@gmail.com

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner