20 November 2012

Efektivitas Pengerjaan Service Mikroskop

Teknis pengerjaan mikroskop sebagaimana sudah dijelaskan pada posting sebelumnya yaitu dilakukan di tempat dengan aturan dan kesepakatan serta berapa lama pengerjaan mikrokop ditentukan oleh banyak faktor. 

Sedangkan proses pengerjaan service mikroskop sebagai berikut :
  1. Pelepasan semua komponen/bagian optik yang menempel pada bagian mekanik seperti lensa, kondensor dan atau diafragma, cermin, seperti gambar di bawah ini.
  2. Perbaikan dan menyetelan fungsi-fungsi bagian mekanik yang mengalami kerusakan seperti tabung turun sendiri (untuk jenis mikroskop cahaya), makrometer/pengatur kasar dan mikrometer/pengatur halus yang mengalami kerusakan.
  3. Pembersihan bagian-bagian optik/lensa dengan cara di bongkar bagian-bagian lensa baik lensa okuler, lensa objektif, kondensor, dan cermin.
  4. Pembersihan bagian bodi dengan pengkilap atau pembersih lainnya sesuai dengan tingkat kekotoran mikroskop.
  5. Pemasangan bagian optik ke bagian mekanik.
  6. Pengecekan dengan menggunakan slide preparat mikroskop
  7. Pemberian label/tanda bahwa mikroskop sudah diservice (tanggal service, dan identitas reparator).
  8. Memberi penutup dengan plastik untuk meminimalkan kena kotoran/debu dari luar.
Kondisi mikroskop di lapangan yang akan diservice peluangnya itu 50 : 50 (bisa rusak berat : tidak rusak berat, bisa tidak perlu asisten atau bahkan perlu asisten). Asisten di sini adalah yang membantu penulis dalam menyelesaikan percepatan pengerjaan service mikroskop terutama untuk pengerjaan poin 4, 7, 8. Maka dengan dasar tersebut pihak lembaga harus memberikan informasi riwayat mikroskop yang ada di lembaga yang akan diservice, sehingga penulis akan mempertimbangkan perlu atau tidaknya membawa asisten. 

Berikut salah satu kegiatan asisten yang membantu penulis dalam service mikroskop....
Dengan demikian pengerjaan service mikroskop bisa lebih cepat, tanpa mengesampingkan kualitas service baik terhadap mekanik maupun optik.


0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner