20 November 2012

Penemu dan Perkembangan Mikroskop

Artikel saya yang sangat terbatas pengertiannya mengenai mikroskop apa itu mikrsokop, bagian-bagian mikroskop dan fungsi mikroskop. Artikel tersebut hanya sebagai pelengkap dan mungkin sangat jauh dari sempurna untuk membantu menjelaskan siapa penemu dan bagaimana mikroskop ini lahir untuk dunia pengetahuan sehingga menjadikan mikroskop ini sesuatu yang sangat....sangat sangat berarti keberadaannya khusunya untuk untuk melihat benda-benda yang sangat kecil ukurannya dan sulit dijangkau bila menggunakan mata telanjang.

Dalam sejarah, yang dikenal sebagai pembuat mikroskop pertama kali adalah 2 ilmuwan Jerman, yaitu Hans Janssen dan Zacharias Janssen (ayah-anak) pada tahun 1590. Temuan mikroskop saat itu mendorong ilmuan lain, seperti Galileo Galilei (Italia), untuk membuat alat yang sama. Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada tahun 1609, dan mikroskop yang dibuatnya dikenal dengan nama mikroskop Galileo. Mikroskop jenis ini menggunakan lensa optik, sehingga disebut mikroskop optik. Mikroskop yang dirakit dari lensa optic memiliki kemampuan terbatas dalam memperbesar ukuran obyek. Hal ini disebabkan oleh limit difraksi cahaya yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Secara teoritis, panjang gelombang cahaya ini hanya sampai sekitar 200 nanometer. Untuk itu, mikroskop berbasis lensa optik ini tidak bisa mengamati ukuran di bawah 200 nanometer. (sumber : http://www.cas.muohio.edu/mbi-ws/microscopes/fathers.html).

Berikut penulis tampilkan gambar mikrsokop pertama yang sangat sederhana tapi memberikan inspirasi dan kontribusi  bagi kepentingan ilmu pengetahuan (diambil dari berbagai sumber di web yang lain).


Demikian urian singkat yang penulis sampaikan semoga menjadi inspirasi buat kita semua untuk meneliti dan meneruskan perjuangan para penemu yang sudah berkontribusi buat ilmu pengetahuan ini. Kita sebagai generasi penerus wajib menjaga, memelihara dan mengembangkan ilmu pengetahuan ini untuk kesejahteraan umat.

0 Comments:

Search di Google

blogger templates | Make Money Online

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner